Abstract:
Dalam melaksanakan program corporate social responsibility PT.
Hatonduhan Dearma Sawita melakukan beberapa kegiatan yang termasuk dalam
strategi komunikasi humas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi
komunikasi humas PT. Hatonduhan Derma Sawita dalam melaksanakan program
Corporate Social Responsibility. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teori strategi komunikasi, Humas, Corporate Social Responsibility, dan Strategi
komunikasi humas. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu
mendeskripsikan data yang diperoleh melalui instrumen penelitian dengan
narasumber sebanyak 3 orang diantaranya 1 orang Manajer PT. Hatonduhan Derma
sawita, 1 orang Humas PT. Hatonduhan Derma Sawita, dan 1 orang Staf PT.
Hatonduhan Dearma Sawita. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data
berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa strategi komunikasi humas PT. Hatonduhan Derma Sawita
telah berhasil memanfaatkan media digital dengan baik, terutama dalam hal
publikasi kegiatan CSR melalui media seperti jet siber dan warta polri. Namun,
perusahaan belum memaksimalkan potensi media sosial, karena fokus utama masih
pada pendapatan dan profit, serta memperkuat relasi bisnis. Meskipun sudah
menggunakan media luar ruangan, terdapat kendala terkait biaya dan sulitnya
mengukur efektivitas kampanye CSR. Oleh karena itu, perusahaan perlu
mengevaluasi strategi publikasi dan mempertimbangkan untuk lebih memanfaatkan
media sosial sebagai alat untuk mencapai tujuan bisnis dan CSR yang lebih luas.