Abstract:
Penelitian ini mengkaji strategi komunikasi kemitraan publik yang digunakan
oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara dalam menjalin
kerjasama dengan media massa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami
bagaimana Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara
mengimplementasikan strategi komunikasi kemitraan publik dalam kerjasama
dengan media massa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif
kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam,
observasi, dan dokumentasi. Informan yang menjadi narasumber dari penelitian ini
yaitu Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi dan
Informatika Provinsi Sumatera Utara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara memiliki strategi yang
terencana dan terarah dalam menjalin kerjasama dengan media massa untuk
menyebarkan informasi publik dari pemerintah daerah kepada masyarakat luas.
Strategi yang digunakan yaitu menyelenggarakan Focus Group Discussion,
Konferensi Pers, dan Publikasi informasi. Kerjasama ini tidak hanya memfasilitasi
aliran informasi yang lebih baik, tetapi juga meningkatkan citra pemerintah di mata
masyarakat