Abstract:
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui fungsi manajemen
kepala sekolah dalam meningkatkan standar pendidik dan tenaga kependidikan
UPTD SPF SMP Negeri 1 Danau Paris, 2). Fungsi manajemen kepala sekolah
dalam meningkatkan standar sarana dan prasarana UPTD SPF SMP Negeri 1
Danau Paris. 3) Untuk mengetahui dampak peningkatan standar pendidik dan
tenaga kependidikan serta sarana dan prasarana dalam meningkatkan standar
mutu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian
deskriptif dan jenis penelitian berupa studi kasus. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik
kesimpulan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Fungsi
manajemen yang dilakukan oleh kepala sekolah di UPTD SPF SMP Negeri 1
Danau Paris menggunakan 4 (empat) fungsi manajemen menurut George R. Terry
yakni POAC (planning, Organizing, Actuating and Controlling). 2). Fungsi
manajemen yang dilakukan oleh kepala sekolah pada standar pendidik dan tenaga
kependidikan sudah dilakukan dengan baik. 3) Peningkatan standar pendidik dan
tenaga kependidikan serta standar sarana dan prasarana menjadi faktor yang
sangat penting dalam meningkatkan standar mutu di UPTD SPF SMPN 1 Danau
Paris. Manajemen yang didukung kolaborasi bersama dan dibangun dengan solid
dalam mengupgrade kompetensi serta profesionalisme dengan mengedepankan
kedisiplinan serta tanggungjawab dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi
masing-masing menjadi pondasi yang kokoh bagi peningkatan mutu pendidikan
disekolah.