Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk menganalisis dan mengetahui
bagaimana implementasi kebijakan RSPO pada perusahaan dalam mengelola
perkebunan kelapa sawit pada PT. Socfin Indonesia Perkebunan Mata Pao, Untuk
mengetahui apakah ada perbedaan dan perkembangan ekspansi pasar pada
perusahaan perkebunan sesudah mendapatkan sertifikat RSPO, dan Untuk
menganalisis dan mengetahui apakah ada perbedaan harga, dan volume penjualan
pada perusahaan perkebunan sebelum dan sesudah mendapatkan sertifikat RSPO.
Jenis penelitian ini adalah studi kasus (case study). Teknik penentuan lokasi
menggunakan metode purposive, artinya daerah yang dijadikan tempat penelitian
secara sengaja. Metode pengambilan data yaitu data primer yang didapatkan langsung
dari pihak PT. Socfindo Perkebunan Mata Pao bagian Sustainability dan data Metode
analis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan Compare
Means Paired Sample t-test (Uji beda rata – rata berpasangan). Penelitian ini
dilakukan pada tahun 2022 di PT. Socfindo Perkebunan Mata Pao . Hasil penelitian
masalah pertama diketahui bahwa implementasi kebijakan RSPO pada perusahaan
dalam mengelola perkebunan kelapa sawit terbukti sudah terpenuhi setiap prinsipnya,
Hasil penelitian masalah kedua diketahui bahwa adanya perbedaan dan
perkembangan ekspansi pasar, setelah mendapatkan sertifikasi RSPO ekspansi pasar
menjadi lebih besar dan CPO PT. Socfindo Perkebunan Mata Pao saat ini dapat dijual
ke perusahaan besar seperti PT. Musim Mas Belawan dan PT. Multi Mas Nabati
Asahan. Dan hasil penelitian masalah ketiga diketahu bahwa adanya perbedaan dari
segi harga CPO sebelum mendapatkan sertifikasi dan sesudah mendaapatkan
sertifikasi, harga CPO meningkat lebih tinggi saat setelah mendapatkan sertifikasi
RSPO, sedangkan volume penjualan tidak terdapat peningkatan sesudah sertifikasi
RSPO.