Abstract:
Kehadiran berbagai stasiun televisi swasta di Indonesia telah mempermudah
terjadinya penyebaran informasi kepada Masyarakat apa lagi iklan yang
ditawarkan merupakan suatu produk kecantikan. para pengiklan akan berlombalomba untuk menyugukan pesan-pesan iklan yang berkaitan dengan apa itu
kecantikan yang ideal bagi perempuan. Penelitian ini menggunakan teori yang
berkaitan dengan komunikasi massa, stereotip perempuan, iklan, televisi.
Penelitian menggunakan jenis penelitian deksriptif kualitatif metode Roland
Barthes. Teknik analisis data pada penelitian ini mengikuti konsep yang diberikan
Miles & Huberman.yaitu reduksi data, penyaian data dan menarik kesimpulan.
Hasil yang diperoleh peneliti Pada tayangan citra edisi ulurkan tangan untuk
kebaikan kembali memperlihatkan bahwa stereotip yang berkembang adalah
benar. pertama bahwa realita perempuan ideal menggambarkan kulit cerah
sedangkan kulit gelap dan kusan seringkali tidak ideal atau kurang menarik. yang
kedua perempuan dengan kulit gelap sering kali kurang terwakilkan dalam
represntasi media yang menggambarkan kecantikan ideal dapat menimbulkan rasa
tidak percaya diri karena perbedaan perlakuan dan ekspetasi yang diterima.