Research Repository

IMPLEMENTASI METODE ILMAN WARUHAN PADA MATA PELAJARAN TAHFIZ AL-QUR’AN DI SMP IT AL-HIJRAH

Show simple item record

dc.contributor.author TAR, MIZI
dc.date.accessioned 2024-06-21T09:48:24Z
dc.date.available 2024-06-21T09:48:24Z
dc.date.issued 2024-05-14
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23966
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran tahfizul Qur‟an dengan menggunakan metode Ilman Waruhan di SMP IT AlHijrah, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program tahfizul AlQur‟an serta evaluasi dalam pembelajaran tahfizul Al-Qur‟an menggunakan metode ilman waruhan di SMP IT Al-Hijrah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan pendekatan studi kasus di SMP IT Al-Hijrah.Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh tersebut peneliti menggunakan analisis deskriptif, yaitu dengan mendeskripsikan atau menggambarkan apa adanya hasil temuan di lapangan terkait pelaksanaan program tahfidz al-Qur‟an di SMP IT Al-Hijrah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pelaksanaan program tahfidz Al-Qur‟an di SMP IT Al-Hijrah sudah mengimplementasikan program tahfidz al-Qur‟an sejak tahun 2011.Semua siswa diwajibkan untuk mengikuti program tahfidz yang diadakan oleh sekolah.Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program tahfizul Al-Qur‟an di SMP IT Al-Hijrah dalam implementasi metode ilman waruhan dalam mata pelajaran tahfiz al-Qur‟an yaitu faktor visi dan misi dari sekolah SMP IT Al-Hijrah, faktor lembaga pembelajaran al-Qur‟an, dan program al-Qur‟an camp.Faktor penghambat dalam pelaksanaan program tahfidz al-Qur‟an di SMP IT Al-Hijrah yaitu pembelajaran al-Qur‟an sebelumya dan kurangnya kerjasama orang tua. Evaluasi yang dilakukan oleh koordinator tahfidz al-Qur‟an dan guru tahfidz adalah meliputi beberapa aspek kehadiran, tahsin, ketercapaian target hafalan dan kendala serta solusi pada program tafidz al-Qur‟an di SMP IT Al-Hijrah.Untuk evaluasi program tahfidz Al-Qur‟an di SMP IT Al-Hijrah terdiri dari evaluasi harian, ada evaluasi yang dilakukan per tiga bulan dan per semester. Ketika siswa sudah selesai satu surat maka dia menyetorkan keseluruhan ayat dalam surat itu, dari ayat pertama hingga akhir di hadapan pembimbing masing-masing. Kemudian jika sudah selesai satu juz, siswa diuji oleh koordinator tahfidz untuk ditentukan apakah dia layak untuk melanjutkan hafalannya ke juz berikutnya.Adapun ujian semester dilakukan selama satu pekan. en_US
dc.subject Implementasi Metode Ilman Waruhan en_US
dc.subject Pelajaran Tahfiz Al-Qur‟an en_US
dc.title IMPLEMENTASI METODE ILMAN WARUHAN PADA MATA PELAJARAN TAHFIZ AL-QUR’AN DI SMP IT AL-HIJRAH en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account