Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh live streaming, brand
awareness, dan brand image terhadap keputusan pembelian pada e-commerce
Shopee Shop. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif
asosiatif. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa dari 3 universitas swasta di
Medan dengan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling
hingga mencukupi 100 sampel.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara
parsial live streaming berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan
pembelian pada e-commerce Shopee Shop. Brand awareness secara parsial
berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce
Shopee Shop. Brand image secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap
keputusan pembelian pada e-commerce Shopee Shop. Live streaming, brand
awareness, dan brand image secara simultan berpengaruh posotif signifikan
terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee Shop. Uji Determinasi
menunjukkan hasil sebesar 0,611 artinya live streaming, brand awareness, dan
brand image berkontribusi kuat terhadap keputusan pembelian sebesar 61,1%
dari seluruh faktor yang dapat berkontribusi terhadap keputusan pembelian pada
e-commerce Shopee Shop.