Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
persepsi kualitas pelayanan, harga dan kepuasan konsumen secara langsung
terhadap loyalitas konsumen, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
kualitas pelayanan dan harga secara langsung terhadap kepuasan konsumen, dan
untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga secara
tidak langsung terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen. Dalam
penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang merupakan
konsumen PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Medan. Teknik pengumpulan data
menggunakan daftar pernyataan seperti kuesioner dan teknik analisis data
menggunakan Partial Least Square (SmartPLS). Hasil penelitan menunjukan
terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan, harga dan kepuasan
konsumen terhadap loyalitas konsumen. Terdapat pengaruh positif dan signifikan
kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen. Terdapat pengaruh
positif dan signifikan kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas konsumen
melalui kepuasan konsumen.