Abstract:
Penelitian melihat tujuan pengaruh narsisme siswa MAN 1 Medan terhadap kepuasan menggunakan
aplikasi tiktok. Aplikasi Tik tok menjadi bagian dalam perkembangan teknologi yang sangat pesat
di era globalisasi saat ini dan telah memberikan banyak pengaruh dalam kemajuan di berbagai
aspek sosial Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh narsisme pada siswa MAN 1
Medan terhadap tingkat kepuasan siswa dalam menggunakan aplikasi TikTok. Metode penelitian
yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, dengan pengumpulan data menggunakan angket.
Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang siswa perempuan. Teknik pengambilan sampel
menggunakan Rumus Slovin. Teknik analisis data menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian
menggunakan teknik Kolmogrov-Smirnov. Hasil dari uji normalitas Nilai r-hitung untuk kedua
variabel (X dan Y) lebih besar dari pada nilai r-tabel 0,254. Terdapat pengaruh antara sikap narsisme
siswa MAN 1 Medan dengan kepuasan menggunakan aplikasi TikTok sehingga hipotesis diterima.
Hal ini dibuktikan oleh nilai signifikansi sebesar 0,01, lebih kecil dari nilai signifikansi alpha 0,05.
Nilai koefisien sebesar 11,1% terhadap kepuasan menggunakan aplikasi TikTok dapat digolongkan
ke dalam kategori rendah.
Narsisme siswa MAN 1 Medan berkontribusi sebesar 11,1% terhadap kepuasan menggunakan
aplikasi TikTok. Hal ini dibuktikan oleh nilai r squre sebesar 0,111. Artinya, 11,1% kepuasan siswa
terhadap aplikasi TikTok dapat dipengaruhi oleh variabel narsisme. dan sisanya 88,9% dipengaruhi
oleh variabel lain