Research Repository

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ETNOSAINS PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 067093 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author LIZA, AFNI
dc.date.accessioned 2024-06-21T07:54:53Z
dc.date.available 2024-06-21T07:54:53Z
dc.date.issued 2024-05-30
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23941
dc.description.abstract Tujuan Penelitian ini yaitu untuk : (1) Mengetahui tingkat kevalidan bahan ajar berbasis Etnosains pada pembelajaran IPA. (2) Mengetahui tingkat kepraktisan bahan ajar berbasis Etnosains pada pembelajaran IPA. (3) Menghasilkan bahan ajar berbasis Etnosains pada pembelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE yang terdapat 5 tahapan yaitu : (1) Tahap Analisis (Analysis),(2) Tahap Desain (Design),(3) Tahap Pengembangan (Development), (4) Tahap Implementasi (Implementation) dan (5) Tahap Evaluasi (Evaluation). Hasil dari penelitian ini menghasilkan bahan ajar berbasis Etnosains pada pembelajaran IPA. Berdasarkan validasi materi terhadap bahan ajar berbasis Etnosains memperoleh nilai 97%, Hasil validasi desain memperoleh nilai 98%, Hasil validasi bahasa memperoleh nilai 89%. Artinya bahwa bahan ajar berbasis Etnosains pada pembelajarab IPA termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil kepraktisan terhadap bahan ajar berbasis Etnosains pada respon guru diperoleh ratarata 90% dan untuk respon siswa diperoleh rata-rata 93% artinya bahan ajar berbasis Etnosains termasuk dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis Etnosains pada pembelajaran IPA Siswa Kelas V UPT SD Negeri 067093 Medan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis. en_US
dc.subject Bahan Ajar Berbasis Etnosains en_US
dc.subject Model Pengembangan ADDIE en_US
dc.title PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ETNOSAINS PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 067093 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account