Research Repository

Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Think Pair Share pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 36 Medan

Show simple item record

dc.contributor.author ADINDA, AISYAH AULIA
dc.date.accessioned 2024-06-21T04:13:05Z
dc.date.available 2024-06-21T04:13:05Z
dc.date.issued 2024-02-12
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23937
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan strategi Think Pair Share (TPS) siswa kelas IV SD Muhammadiyah 36 dari segi hasil pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari langkah perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Tindakan pada penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi siswa dan lembar observasi guru. Melalui penggunaan model pembelajaran think pair share siswa diajak untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Setelah itu siswa juga diajarkan untuk bekerja sama dengan teman sekolompoknya. Setelah menggunakan model think pair share keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran bahasa indonesia meningkat, sesuai hasil yang diperoleh dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I masih menggunakan langkah-langkah pembelajaran direct instruction (model pembelajaran langsung) persentase keterlaksanaan model direct instruction (model pembelajaran langsung) mendapatkan persentase 42,8% pada keterampilan berbicara siswa. Pada siklus II persentase keterlaksanaan model think pair share mendapatkan persentase 92% pada keterampilan berbicara siswa. Persentase keterlaksanaan model think pair share mencapai 100% pada aktivitas guru (peneliti) dalam melaksanakan pembelajaran di dalam kelas. en_US
dc.subject Keterampilan Berbicara Siswa en_US
dc.subject Model Think Pair Share en_US
dc.title Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Think Pair Share pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 36 Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account