Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara
siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan strategi Think
Pair Share (TPS) siswa kelas IV SD Muhammadiyah 36 dari segi hasil
pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari
langkah perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan
refleksi (reflecting). Tindakan pada penelitian ini dilakukan dalam dua siklus.
Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi
siswa dan lembar observasi guru. Melalui penggunaan model pembelajaran think
pair share siswa diajak untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Setelah itu siswa
juga diajarkan untuk bekerja sama dengan teman sekolompoknya. Setelah
menggunakan model think pair share keterampilan berbicara siswa pada
pembelajaran bahasa indonesia meningkat, sesuai hasil yang diperoleh dari siklus I
dan siklus II. Pada siklus I masih menggunakan langkah-langkah pembelajaran
direct instruction (model pembelajaran langsung) persentase keterlaksanaan model
direct instruction (model pembelajaran langsung) mendapatkan persentase 42,8%
pada keterampilan berbicara siswa. Pada siklus II persentase keterlaksanaan model
think pair share mendapatkan persentase 92% pada keterampilan berbicara siswa.
Persentase keterlaksanaan model think pair share mencapai 100% pada aktivitas
guru (peneliti) dalam melaksanakan pembelajaran di dalam kelas.