Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh santri Rumah Tahfidz Al-Kautsar memerlukan
perlunya arahan serta bimbingan yang lebih untuk pembinaan akhlak dari berbagai
kalangan terutama dalam pengembangan kognitifnya. Tujuan penelitian ini adalah
untuk menganalisis strategi komunikasi yang dilakukan guru dalam pengembangan
kognitif santri di Rumah Tahfidz Al-Kautsar Medan Tembung. Teori yang digunakan
dalam penelitian ini adalah komunikasi dakwah dan kognitif. Data penelitian ini
diperoleh dari lima narasumber yakni guru Rumah Tahfidz Al-Kautsar. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan guru cukup baik mulai
dari proses pembelajaran dan pengajaran dengan berbagai metode yang memfokuskan
pembelajaran sederhana agar dapat difahami oleh murid. Kendala yang dialami yakni
waktu yang singkat, murid-murid memiliki IQ yang berbeda dan guru harus lebih sabar
dan perlahan dalam mengajar, serta belum memiliki buku materi. Dalam
mengoptimalkan pengembangan kognitif murid perlu adanya bantuan orang tua dan
sekolah. Diharapkan tenaga pengajar dapat lebih maksimal dan sabar dalam
memberikan pengajaran untuk menumbuhkan santri yang cerdas dan berakhlakul
karimah.