Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan
Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup
di Kelas III SD Muhammadiyah 03 Medan serta untuk mengetahui
Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup
Untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III SD Muhammadiyah 03
Medan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, subjek dan
objek dalam penelitian ini yaitu tiga ahli yang terdiri dari satu orang dosen sebagai
ahli desain buku cerita bergambar, satu orang dosen Bahasa Indonesia , satu orang
guru Bahasa Indonesia SD Muhammadiyah 03 Medan sebagai ahli materi dan
siswa kelas III A Reguler SD Muhammadiyah 03 Medan yang berjumlah 31
orang. Berdasarkan hasil penelitian uji kevalidan dan kepraktisan yaitu validator
ahli materi pembelajaran 86,67% “Valid”, validator desain media 98% “ Sangat
Valid”, validator ahli Bahasa 95% “ Sangat Valid”. Pada kepraktisan pendidik
yaitu respon guru mendapatkan 84% “ Sangat Praktis” dan pada uji coba yang
dilakukan pada kelas III A Regular dengan jumlah siswa 31 siswa mendapatkan
87,55% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil penelitian pengembangan media
pembelajaran buku cerita bergambar dapat digunakan sebagai media
pembelajaran di sekolah