Abstract:
Tujuan penelitian ini yaitu untuk : 1). Untuk mengetahui bagaimana
pengembangan media roda pintar membaca berbasis contextual teaching and
learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III di SD Muhammadiyah 08
Medan. 2). Untuk mengetahui kevalidan media roda pintar membaca berbasis
contextual teaching and learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III
di SD Muhammadiyah 08 Medan. 3). Untuk mengetahui kepraktisan media roda
pintar membaca berbasis contextual teaching and learning pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia kelas III di SD Muhammadiyah 08 Medan. Metode yang
digunakan pada penelitian ini ialah metode penelitian dan pengembangan atau
Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada
penelitian ini, yaitu model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu : analysis
(analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation
(penerapan), dan evaluation (evaluasi). Penelitian ini menghasilkan media roda
pintar membaca di kelas III SD Muhammadiyah 08 Medan. Berdasarkan validasi
terhadap media memperoleh 72%, validasi ahli materi memperoleh 72,2%,
validasi ahli bahasa memperoleh 83,3%. Hasil kepraktisan terhadap media roda
pintar membaca untuk respon guru diperoleh sebanyak 94,4%, dan untuk respon
siswa diperoleh sebanyak 95,8%, artinya media pembelajaran kriteria sangat
praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran
roda pintar membaca sudah dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.