Abstract:
Tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan kreativitas siswa melalui model
pembelajaran berbasis project based learning pada kelas V di SDN 101740
Tanjung Selamat. Prosedur penelitian yang digunakan ialah Penelitian Tindakan
kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus, I siklus terdiri dari empat
langkah yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi.
Subyek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V B SD 101740 Tanjung
Selamat dengan jumlah 14 laki-laki dan 11 perempuan. Instrument penelitian ini
terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta lembar observasi
kreativitas siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh aktivitas guru
pada siklus I skor rata-rata 72% dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus
II skor 94% dengan kategori baik sekali. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I
skor 60,96% dengan kategori cukup, dan meningkat pada siklus II memperoleh
skor 80,72% dengan kategori baik. Dari pengelolahan tingkat kreativitas siswa
pada siklus I skor 64% dengan kategori cukup kreatif dan meningkat pada siklus
II memperoleh 92% dengan kategori kreatif. Teknik analisis data dalam penelitian
ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat
peningkatan kreativitas siswa yang dapat dilihat dari perolehan data pada siklus I
dan siklus II. Pada siklus I terdapat sebanyak 16 siswa yang memiliki nilai kreatif
dengan persentase 64% dan terdapat 9 siswa yang tidak kreatif dengan persentase
36%. Kemudian pada siklus II sebanyak 23 siswa yang memiliki nilai kreatif daan
sangat kreatif dengan persentase 92%, dan terdapat 2 siswa yang kurang kreatif
dengan persentase 8%. Dengan demikian model Project Based Learning dapat
meningkatkan kreativitas belajar siswa di kelas V Sekolah dasar 101740 Tanjung
Selamat