Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran menyimak cerita
dengan menggunkan media audio visual pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 36
Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif yang dilakukan
sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 36 Medan.
Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang
meliputi (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Metode
pengumpulan data menggunakan: 1) tes, dan 2) observasi. Teknik analisis data
menggunakan statistik deskriptif dengan mencari rerata dan mendeskripsikan hasilnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan
proses dan hasil belajar menyimak cerita kelas IV SD Muhammadiyah 36 Medan.
Peningkatan keterampilan menyimak cerita dengan menggunakan media animasi
audio visual pada siklus I berada dalam kategori kurang yaitu dari 28 siswa hanya 13 siswa
atau 46,43% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal dengan nilai rata-rata yang
diperoleh sebesar 67,50. Meningkat menjadi kategori baik pada siklus II yaitu 24 siswa
atau 85,71% dari 28 siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal dengan nilai ratarata yang diperoleh sebesar 86,43. Terjadi pula peningkatan hasil observasi proses
pembelajaran menyimak cerita siswa kelas IV SD Muhammadiyah, hasil nilai observasi
rata-rata mencapai 62,5 pada siklus I meningkat menjadi 92,5 pada siklus II.