Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model project
based learning terhadap kemampuan menulis teks resensi oleh siswa kelas XI
SMA PAB 6 Helvetia Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas XI SMA PAB 6 Helvetia Medan yang berjumlah 52 siswa, dan sampel
dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-Mia (IPA) sebagai kelas eksperimen
dengan jumlah 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes.
Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji paired sample T-test.
Berdasarkan uji Statistik T-paired diperoleh dari nilai rata-rata perbedaan antara
pretest (sebelum diberikan treatment) dengan posttest (setelah diberikan
treatment) yaitu -21.167 dengan standar deviasi 8.272 dan didapatkan nilai
siginifikan (2-tailed) 0.000 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil
ini maka hipotesis yang diajukan diterima, hasil tersebut menunjukkan bahwa
adanya perbedaan signifikan dari sebelum sesudah menggunakan model project
based learning dalam kegiatan menulis teks resensi oleh siswa SMA PAB 6
Helvetia Medan.