Abstract:
Subjek dari penelitian ini adanya kerjasama orang tua dalam mengajarkan anaknya
untuk menyikat gigi sebelum tidur dan iklan ini juga memberikan ide dan ispirasi
kepada orang tua mengenai cara membiasakan anak menyikat gigi dimulai sejak
usia dini. Iklan ini di tampilkan berbeda dengan kebiasaan yang ada di masyarakat
pada umumnya saat orang tua mengajak anaknya menyikat gigi dengan bernyanyi
dan bermain, tetapi tidak menimbulkan kesan yang buruk pada iklan tersebut.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Analisis Deskripsi Visualisasa
Kekaraban Orang Tua dan Anak pada Iklan “Pencegah Gigi Berlubang”. Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif yang menyajikan data deskriptif. Dalam
penelitian ini metode penelitian deskriptif yang dilakukan dengan mencari data dan
sumber data melalui bantuan Semiotika Roland Barthes. Hasil dari Penelitian iklan
pepsodent ini adalah perlunya kerjasama orang tua untuk membiasakan sikat gigi
pada anak, menekankan arti penting tentang suasana riang dan menyenangkan
untuk mengajak atau mendidik sikat gigi pada anak, pentingnya menggunakan
komunikator yang kompeten untuk menumbuhkan kepercayaan terhadap materi
iklan pepsodent.