Abstract:
Di era modern, radio menghadapi persaingan yang ketat dengan media massa
lainnya seperti surat kabar, majalah, dan televisi. Untuk tetap eksis, para pengelola
radio perlu terus menerapkan strategi pemasaran dan promosi yang menarik,
informatif, dan inovatif, dan sama halnya seperti Iradio Medan yang saat ini sedang
melakukan peningkatan dari pemasaran digital, tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui bagaimana Komunikasi Pemasaran Digital I Radio Medan 98,3
FM Dalam Meningkatkan Jumlah Pengiklan. Metode peneltiian dengan
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik Analisis data dalam penelitian ini
dimulai dengan mengumpulkan data, reduksi, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian ini menemukan rencana penggunaan platform digital untuk monetasi,
dan saat ini pengorganisasian komunikasi pemasaran digital terintegrasi pada
struktur lama, eksekusi perencanaan saat ini untuk meningkatkan enggagement
dengan membuat konten yang menarik dan viral, dan evaluasi yang digunakan
menggunakan data insight akun instagram, serta kualitas respon dari pendengar dan
pengiklan