Abstract:
Komunikasi pemasaran merupakan suatu alat atau media yang digunakan
sebuah perusahaan atau pembisnis untuk meningkatkan jumlah pengunjung,
perubahan lingkungan bisnis yang sangat pesat telah memaksa tempat agar
industri-industri tempat wisata secara aktif dan kreatif untuk mengembangkan
lokasi wisata. tujuan penelitian ini adalah menjelaskan strategi komunikasi
pemasaran PT. Gaperta Wira Kencana(wiraland) dalam meningkatkan jumlah
pengunjung proyek warna-warna martubung. Penelitian ini yang digunakan
adalah metode kualitatif analisis dekriptif dengan mengumpulkan data dari
berbagai sumber. Data yang diperoleh yang berasal dari 4 (empat) orang
narasumber yaitu penanggung jawab lapangan, pedagang, hingga pengunjung.
sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini dalam menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan
analisis data dengan metode kualitatif dimulai dengan menelaah seluruh data
yang tersedia dari berbagai sumber, yaitu wawancara, pengamatan yang sudah
dituliskan dalam catatan dan kemudian dokumentasi pribadi, gambar foto.
Adapun tahapan dalam proses analisis data yaitu reduksi data, penyajian data
dan kesimpulan atau verifikasi.Hasil dari penelitian ini yaitu warna-warna
martubung dalam melaksankan strategi komunikasi pemasaran dalam menarik
pengunjung meliputi beberapa kegiatan, antara lain kegiatan promotion melaui
media sosial berupa facebook, instagram, youtube, maupun dari mulut ke
mulut. Simpulannya media sosial berperan penting dalam dunia bisnis.