Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan
pemberantasan pembelajaran buta huruf Al-Qur‟an di Rumah Qur‟an Cahaya
Hidayah 3. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian kualitatif, dimana data yang dikumpulkan melelui metode observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini mengaplikasikan teknik reduksi data, penyajian data serta
penarikan kesimpulan dan verivikasi data. Hasil dari penelitian ini adalah
Pelaksanaan pemberantasan buta huruf Al-Qur‟an di Rumah Qur‟an Cahaya
Hidayah 3 pada ibu-ibu dan anak-anak sudah cukup baik yaitu sesuai dengan
beberapa karakter dari tahap perencanaan, adapun pelaksanaan kegiatan
pemberantasan buta huruf Al-Qu‟an sendiri memiliki beberapa pelaksanaan,
yaitu pelaksanaan pembelajaran ilmu tajwid Al-Qur‟an yang memiliki beberapa
tahapan dalam pelaksanaannya, seperti kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan
kegiatan penutup. Dalam evaluasi program pelaksanaan pembelajaran
pemberantasan buta huruf Al-Qur‟an memiliki dua evaluasi yaitu, evaluasi setiap
pembelajaran berlangsung dan evaluasi bulanan.