Research Repository

PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MEDIA VIDEO ANIMASI KELAS III SDN 065005 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author SYAFITRI, ANGGRAINI
dc.date.accessioned 2024-06-20T09:56:57Z
dc.date.available 2024-06-20T09:56:57Z
dc.date.issued 2024-05-06
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23893
dc.description.abstract Keterampilan sosial adalah kemampuan seseorang untuk menangani emosi dengan baik ketika berhubungan dengan orang lain dan dengan cermat membaca situasi dan jaringan sosial.. Berdasarkan hasil prasurvey yang dilakukan pada bulan Desember 2022 di SDN 065005 Medan terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPS diperoleh data bahwa ketrampilan sosial siswa di kelas III masih rendah. Sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa, dan siswa akan kurang aktif dalam proses pembelajaran atau siswa sering melakukan kegiatan-kegiatan lain ketika proses pembelajaran sedang berlangsung. Siswa juga sering keluar masuk kelas, serta masih kurangnya keseriusan dalam belajar dan kurangnya keberanian dalam mengemukakan pendapat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : Bagaimana keterampilkan sosial siswa pada mata pelajaran IPS sebelum menggunakan media video animasi pada kelas III SD 065005 Medan keterampilan sosial siswa sebelum diterapkan media animasi terdapat 8 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 27% dan siswa yang tidak tuntas 22 siswa dengan persentase ketuntasan 73%. Hasil ini belum memenuhi KKM yaitu 70. Pada siklus I terdapat 18 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 60%, dan siswa yang tidak tuntas 12 siswa dengan persentase ketuntasan 40%, berarti ada peningkatan tindakan di siklus I sebanyak 10 siswa, sedangkan siklus II hasilnya mengalami peningkatan lagi yaitu meningkat terdapat 28 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 93%, dan siswa yang tidak tuntas 2 siswa dengan persentase 7%. Dengan demikian ada peningkatan persentase dari siklus I ke siklus II sebanyak 10 siswa. Selain itu keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran juga meningkat. Hal ini ditandai dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam bertanya, menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat. en_US
dc.subject Keterampilan en_US
dc.subject IPS en_US
dc.subject Media Video Animasi en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MEDIA VIDEO ANIMASI KELAS III SDN 065005 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account