Abstract:
Keterampilan sosial adalah kemampuan seseorang untuk menangani emosi
dengan baik ketika berhubungan dengan orang lain dan dengan cermat membaca
situasi dan jaringan sosial.. Berdasarkan hasil prasurvey yang dilakukan pada
bulan Desember 2022 di SDN 065005 Medan terdapat permasalahan dalam
pembelajaran IPS diperoleh data bahwa ketrampilan sosial siswa di kelas III
masih rendah. Sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa, dan siswa akan kurang
aktif dalam proses pembelajaran atau siswa sering melakukan kegiatan-kegiatan
lain ketika proses pembelajaran sedang berlangsung. Siswa juga sering keluar
masuk kelas, serta masih kurangnya keseriusan dalam belajar dan kurangnya
keberanian dalam mengemukakan pendapat. Rumusan masalah dalam penelitian
ini yaitu : Bagaimana keterampilkan sosial siswa pada mata pelajaran IPS
sebelum menggunakan media video animasi pada kelas III SD 065005 Medan
keterampilan sosial siswa sebelum diterapkan media animasi terdapat 8 siswa
yang tuntas dengan persentase ketuntasan 27% dan siswa yang tidak tuntas 22
siswa dengan persentase ketuntasan 73%. Hasil ini belum memenuhi KKM yaitu
70. Pada siklus I terdapat 18 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 60%,
dan siswa yang tidak tuntas 12 siswa dengan persentase ketuntasan 40%, berarti
ada peningkatan tindakan di siklus I sebanyak 10 siswa, sedangkan siklus II
hasilnya mengalami peningkatan lagi yaitu meningkat terdapat 28 siswa yang
tuntas dengan persentase ketuntasan 93%, dan siswa yang tidak tuntas 2 siswa
dengan persentase 7%. Dengan demikian ada peningkatan persentase dari siklus I
ke siklus II sebanyak 10 siswa. Selain itu keaktifan siswa dalam mengikuti
pelajaran juga meningkat. Hal ini ditandai dengan meningkatnya keaktifan siswa
dalam bertanya, menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat.