Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan berfikir kritis siswa
kelas IV SD Nurul Hasanah semangat belajar dan pemikiran siswa SD Nurul
Hasanah masih belum memiliki kemampuan berpikir kritis, tercermin dari
nilai hasil belajar siswa.
Hal ini senada dengan apa yang dikatakan oleh salah satu guru SD Nurul
Hasanah bahwa Berkaitan dengan pengukuran kemampuan berpikir kritis
siswa di SD Nurul Hasanah masih sangat rendah dalam proses belajar
mengajar siswa di sini. Hal ini mungkin masih dipengaruhi oleh ketatnya
atau kurangnya metode pembelajaran, misalnya dipembelajaran IPS,
ternyata siswa masih kurang memiliki keterampilan belajar.Sehingga saat
belajar, anak harus diberi kesempatan untuk melakukan sesuatu.
Pembelajaran aktif adalah pembelajaran yang mengajak siswa untuk
berpartisipasi dalam pembelajaran aktif. Pembelajaran aktif berarti bahwa
siswa mengendalikan kegiatan belajarnya, baik fisik maupun mental. Upaya
kami untuk menyediakan layanan pembelajaran siswa yang sangat baik
dapat dilacak dengan banyak cara. Salah satu inisiatif yang dapat diambil
adalah penggunaan media pembelajaran yang inovatif. Penerapan model
pembelajaran buzz group dengan menggunakan media video animasi untuk
meningkatkan keterampilan berpikir kritis sangat optimal dilaksanakan
dikarenakan dapat membuat siswa aktif, kritis, musyawarah, bekerja sama,
menghargai pendapat, dan bertanggung jawab.