Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sudah sampai mana kemampuan guru untuk
membentuk karakter anak sesuai profil pelajar pancasila. Jenis penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru TK IT An-Nafis
Teluk Mengkudu. Objek penelitian ini merupakan mendeskripsikan kemampuan guru
untuk membentuk karakter anak sesuai profil pelajar pancasila. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini
adalah gambaran guru dalam profil pelajar pancasila yaitu, guru sudah sangat
memahami profil pelajar pancasila yang berguna membantu guru untuk mengembangkan
karakter anak dengan beriman, bertakwa kepada tuhan YME, berkebhinekaan global,
bergotong-royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif. Peran guru dalam membentuk
profil pelajar pancasila yaitu, meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan
karakter anak dan mampu membentuk karakter anak. Guru harus bersifat multi level dan
multi chanel karena tidak mungkin hanya di laksanakan oleh lembaga PAUD, tetapi juga
oleh keluarga dan masyarakat. Hambatan yang dihadapi guru dalam membentuk profil
pelajar pancasila ada dua yaitu, faktor penghambat internal dan eksternal.