Abstract:
Iklan adalah model komunikasi yang dapat menjangkau publik secara luas.
Iklan Pantene menggunakan bintang iklan ternama untuk mempromosikan
produknya agar lebih menarik perhatian konsumen. Selebriti dianggap sebagai
individu yang populer di masyarakat, yang memiliki keunggulan karena menarik
dan memiliki pengaruh kuat yang membedakannya dengan individu lain. Penelitian
ini bertujuan untuk untuk menganalisis makna visual iklan Pantene “Rambut
Capek, Keanu Agl” di Channel Youtube Pantene Indonesia. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian kualitatif dan metode deskriptif dengan bantuan
analisis semiotika Roland Barthes. Tenik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, studi literatur, dan dokumentasi dengan mengambil gambar di setiap
adegan video yang menunjukkan unsur-unsur visual dalam iklan pantene tersebut.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah Pantene memilih artis terkenal sebagai
(brand ambassador) setiap tahun untuk mempromosikan produknya. Pemilihan
Keanu Agl di iklan ini pun dinilai efektif karena terpercaya memiliki keahlian untuk
menyampaikan pesan. Daya tarik yang di miliki Keanu Agl mendukung tampilan
visual untuk pesan Bye #RambutCapek, Hello #RambutKeCharge, terlihat ada
perubahan yang signifikan bukan hanya dari segi rambut namun juga pakaian
Keanu Agl terlihat lebih formal dan rapi.