Abstract:
Penggunaan celebrity endorsmen dalam menawarkan suatu produk merupakan
salah terobosan yang baik agar produk kita dapat bersaing dari kompetitor, celebrity
endorsement merupakan pemakaian sosok yang populer (Public Figure) untuk
mendukung sebuah iklan. Youtube merupakan salah satu media yang paling banyak
diminati untuk menaruh iklan dan memasarkan produk perusahaan. dengan
menggunakan dukungan selebriti. BCA menggandeng pelawak legendaris yaitu
Indro Warkop DKI sebagai aktor pendukung promosi mereka. Adapun tujuan dari
penelitian ini, untuk mengetahui bagaimana analisis isi pesan iklan channel youtube
solusi BCA “Don’t Know, Kasih No!”. Penelitian ini menggunakan jenis metode
kualitatif yang bersifat deskriptif analisis semiotika Roland Barthes dengan peta
konsepnya untuk mendapatkan hasil pesan dan makna iklan “Don’t Know, Kasih
No!”. Hasil Makna Pesan Video Iklan Bank BCA tidak hanya mempromosikan
perusahaannya saja, tetapi juga memberikan edukasi kepada masyarakat dengan
cara yang unik yaitu menggandeng pelawak legendaris yaitu Indro Warkop DKI
dan menciptakan selogan kalimat yang mudah diingat masyarakat. Iklan yang
berisikan makna edukasi/Pendidikan kepada masyarakat membuat selogan kalimat
dengan menyamakan pelafalan nama dari almarhum dono dan kasino menjadi
“Don’t Know? Kasih No”.