dc.contributor.author | BELLA TRI, CAHAYU | |
dc.date.accessioned | 2024-06-15T07:54:08Z | |
dc.date.available | 2024-06-15T07:54:08Z | |
dc.date.issued | 2024-05-20 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23855 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini memiliki latar belakangi oleh kurangnya pemanfaatan model pembelajaran yang mengakibatkan berkurangnya tingkat keaktifan belajar peserta didik. Rumusan masalah penelitian yakni bagaimana keaktifan belajar peserta didik kelas IV pada pelajaran PPKN sebelum serta setelah penerapan model pembelajaran SAVI serta apakah ada pengaruh model pembelajaran SAVI pada keaktifan belajar kelas IV Pada pelajaran PPKN SD Muhammaadiyah 25 Medan.Tujuan riset ini agar melihat bagaimana keaktifan belajar anak kelas IV pada pelajaran PPKn sebelum serta setelah penerapan model pembelajaran SAVI serta agar melihat pengaruh model pembelajaran SAVI pada keaktifan belajar di kelas IV Pada pelajaran PPKN SD Muhammadiyah 25 Medan. Jenis riset ini ialah kuantitatif. Populasi penelitian ini ialah 23 peserta didik dengan sampel penelitian yaitu semua anak kelas IV SD Muhammdiyah 25 Medan yaitu 23 orang. Teknik penentuan sampel penelitian ialah pre-eksperimen (non-designs). Instrumen yang dimanfaatkan yaitu lembaran kuesioner yang sudah valid. Uji hipotesa menerapkan uji Paired sample T-Test. Hasil riset didasarkan atas hasil pengolahan data statistik uji independent t-test dari aplikasi 23for windows yaitu 0,001 pada signifikansi 44% maupun α = 0,05 dan menggambarkan hipotesis H0 ditolak serta Ha diterima.Hasil analisa data yaitu “Ada Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Pada Keaktifan Belajar Kelas IV SD TMuhammadiyah 25 Medan. | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran SAVI | en_US |
dc.subject | Keaktifan Belajar Siswa Pendidikan Kewarganegaraan | en_US |
dc.title | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PELAJARAN PPKN SD MUHAMMADIYAH 25 MEDAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |