Abstract:
Penelitian ini memiliki latar belakangi oleh kurangnya pemanfaatan model
pembelajaran yang mengakibatkan berkurangnya tingkat keaktifan belajar peserta
didik. Rumusan masalah penelitian yakni bagaimana keaktifan belajar peserta
didik kelas IV pada pelajaran PPKN sebelum serta setelah penerapan model
pembelajaran SAVI serta apakah ada pengaruh model pembelajaran SAVI pada
keaktifan belajar kelas IV Pada pelajaran PPKN SD Muhammaadiyah 25
Medan.Tujuan riset ini agar melihat bagaimana keaktifan belajar anak kelas IV
pada pelajaran PPKn sebelum serta setelah penerapan model pembelajaran SAVI
serta agar melihat pengaruh model pembelajaran SAVI pada keaktifan belajar di
kelas IV Pada pelajaran PPKN SD Muhammadiyah 25 Medan.
Jenis riset ini ialah kuantitatif. Populasi penelitian ini ialah 23 peserta didik
dengan sampel penelitian yaitu semua anak kelas IV SD Muhammdiyah 25
Medan yaitu 23 orang. Teknik penentuan sampel penelitian ialah pre-eksperimen
(non-designs). Instrumen yang dimanfaatkan yaitu lembaran kuesioner yang sudah
valid. Uji hipotesa menerapkan uji Paired sample T-Test.
Hasil riset didasarkan atas hasil pengolahan data statistik uji independent t-test
dari aplikasi 23for windows yaitu 0,001 pada signifikansi 44% maupun α = 0,05
dan menggambarkan hipotesis H0 ditolak serta Ha diterima.Hasil analisa data
yaitu “Ada Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Pada Keaktifan Belajar Kelas IV
SD TMuhammadiyah 25 Medan.