Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan berpikir kritis
siswa kelas V UPT SPF SDN 101808 Candirejo dalam proses pembelajaran
berlangsung, hal ini disebabkan oleh kurang tepatnya guru dalam memilih model
pembelajaran, sehingga siswa merasa jenuh dan kurang memahami makna dari
pembelajaran tersebut, khususnya pada pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui keterampilan berpikir kirtis IPA siswa. Metode penelitian yang
digunakan adalah kuantitatif. Populasinya adalah siswa kelas V UPT SPF SDN
101808 Candirejo yang terdiri dari satu kelas. Pengambilan sampel meggunakan
teknik sampling jenuh, dimana seluruh populasi yaitu 26 siswa dijadikan sebagai
sampel. Variabel bebas (X) dari penelitian ini adalah model pembelajaran Cycle 5
E, variabel terikat (Y) adalah keterampilan berpikir kritis IPA siswa. Pengujian
hipotesis menggunakan Paired Sample T-Test yang didahului dengan uji validitas
dan reliabilitas pada instrument. Hasil penelitian ini diuji menggunakan uji, yaitu
mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,001. Berarti < 0,05, maka Ha diterima
dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat ”Pengaruh Model Cycle 5 E
terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V UPT SPF SDN 101808
Candirejo”.