Abstract:
Manajemen komunikasi adalah kombinasi antara ilmu komunikasi dengan teori
manajemen yang diterapkan dalam banyak konteks komunikasi yang berbeda.
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menjelaskan strategi manajemen
komunikasi Radio Dis 93,50 Fm dalam memenuhi kepuasan pendengar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang diperoleh
dalam penelitian ini menggunakan analisis data dari berbagai macam sumber,
yaitu observasi, wawancara yang sudah dituliskan dalam catatan lapangan dan
kemudian didokumentasikan secara pribadi melalui gambar dan foto. Adapun
tahapan dalam proses analisa data yaitu penyeleksian data, reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah
Radio Dis Fm masi menjadi pilihan masyarakat Kota Tebing Tinggi untuk
mendapatkan informasi seputar berita terbaru, harga bahan pangan, pendidikan,
hiburan, dll. Kesimpulan dari penelitian ini ialah menerapkan strategi manajemen
penyiaran untuk memperoleh sumber penunjang hidupnya sebagai media.