Research Repository

PENERAPAN STRATEGI CARD SORT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SUBULUSSALAM

Show simple item record

dc.contributor.author Rahmatullaili, Putri
dc.date.accessioned 2024-06-15T05:08:52Z
dc.date.available 2024-06-15T05:08:52Z
dc.date.issued 2023-12-22
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23837
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV-C dalam pelajaran IPA tema 1 (Indahnya Kebersamaan) sub tema 2 (Perubahan Lingkungan) pembelajaran 3 materi “Indra Pendengaran” dengan menggunakan strategi card sort. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni: Tes dan lembar observasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV-C SD Negeri 2 Subulussalam yang berjumlah 22 orang siswa, terdiri dari 11 laki-laki dan 11 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi card sort telah berhasil untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, hal ini terbukti dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa yang sebelumnya pada pre-test hanya sebesar 31,81% dimana siswa yang dinyatakan tuntas berjumlah 7 orang siswa dengan nilai rata rata 55,45%. Selanjutnya pada hasil siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 63,63% dengan nilai rata-rata 68,63%, dimana siswa yang mengalami ketuntasan sebanyak 14 orang siswa. Pada siklus II dilakukan kembali penerapan strategi card sort dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat sebesar 86,36% dengan nilai rata-rata 81,81% dimana siswa yang dinyatakan tuntas sebanyak 19 orang dan 3 orang siswa yang lainnya tidak tuntas. Aktivitas guru juga meningkat menjadi lebih baik setelah menggunakan strategi card sort pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 2 Subulussalam. Pada siklus I skor yang diperoleh guru sebesar 28 dengan persentase ketuntasan 77,77%. Sedangkan pada siklus ke-II kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran di dalam kelas dengan menerapkan strategi card sort sudah mencapai skor 35 dengan persentase ketuntasan 97,22%. Yang dimana ini menunjukkan bahwa persentase ketuntasan yang dicapai oleh guru sudah sangat baik, oleh karena itu maka penelitian ini dapat dikatakan sudah berhasil en_US
dc.subject Peningkatan Hasil Belajar en_US
dc.subject Strategi Card Sort en_US
dc.subject Materi Indra Pendengaran en_US
dc.title PENERAPAN STRATEGI CARD SORT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SUBULUSSALAM en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account