Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV-C dalam
pelajaran IPA tema 1 (Indahnya Kebersamaan) sub tema 2 (Perubahan Lingkungan)
pembelajaran 3 materi “Indra Pendengaran” dengan menggunakan strategi card
sort. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni: Tes dan lembar
observasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV-C SD Negeri 2
Subulussalam yang berjumlah 22 orang siswa, terdiri dari 11 laki-laki dan 11
perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi card sort
telah berhasil untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, hal
ini terbukti dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa yang sebelumnya pada
pre-test hanya sebesar 31,81% dimana siswa yang dinyatakan tuntas berjumlah 7
orang siswa dengan nilai rata rata 55,45%. Selanjutnya pada hasil siklus I persentase
ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 63,63% dengan nilai
rata-rata 68,63%, dimana siswa yang mengalami ketuntasan sebanyak 14 orang
siswa. Pada siklus II dilakukan kembali penerapan strategi card sort dan persentase
ketuntasan hasil belajar siswa meningkat sebesar 86,36% dengan nilai rata-rata
81,81% dimana siswa yang dinyatakan tuntas sebanyak 19 orang dan 3 orang siswa
yang lainnya tidak tuntas. Aktivitas guru juga meningkat menjadi lebih baik setelah
menggunakan strategi card sort pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 2
Subulussalam. Pada siklus I skor yang diperoleh guru sebesar 28 dengan persentase
ketuntasan 77,77%. Sedangkan pada siklus ke-II kemampuan guru dalam
mengelola pembelajaran di dalam kelas dengan menerapkan strategi card sort
sudah mencapai skor 35 dengan persentase ketuntasan 97,22%. Yang dimana ini
menunjukkan bahwa persentase ketuntasan yang dicapai oleh guru sudah sangat
baik, oleh karena itu maka penelitian ini dapat dikatakan sudah berhasil