Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Layanan
Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Sikap Prososial Siswa Kelas XI SMK
Swasta Bandung 1 Bandar setia. Teknik analisis data yang digunakan adalah
teknik kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Wali Kelas dan Guru Bimbingan
dan Konseling, sedangkan objeknya adalah siswa kelas XI yang berjumlah 4
orang siswa dengan menggunakan purposive sampling. Dengan instumen data
observasi dan wawancara. Adapun teknik analisis datanya yaitu dengan mereduksi
data, penyajian data dan membuat kesimpulan.
Dari hasil analisis data penelitian, diperoleh hasil bahwa Bimbingan Klasikal
melalui Layanan Informasi mampu meningkatkan sikap prososial siswa kelas XI
SMK Swasta Bandung 1 Bandar Setia. Dan apabila diperlukan Guru Bimbingan
dan Konseling dapat melanjutkannya untuk memberikan bimbingan pribadi.
Dengan demikian, penting bagi Guru Bimbingan dan Konseling meningkatkan
sikap prososial siswa kelas XI SMK Swasta Bandung 1 Bandar Setia, dengan
catatan dilakukan sesuai prosedur yang sistematis, teratur dan terarah secara
berkelanjutan.