Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MENEMUKAN IDE POKOK PADA SISWA KELAS V SD SWASTA AL-GHOFARI MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author Putri Dewita, Harahap
dc.date.accessioned 2024-06-14T11:08:05Z
dc.date.available 2024-06-14T11:08:05Z
dc.date.issued 2024-03-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23828
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru kurang menggunakan model pembelajaran yang menarik sehingga siswa megalami kecenderungan untuk diam dan tidak termotivasi. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrater Reading and Composition (CIRC) terhadap keterampilan menemukan ide pokok pada siswa kelas V SD Swasta Al-Ghofari Medan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini berjumlah 45 siswa dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas V-A sebagai kelas eksperimen berjumlah 23 siswa dan kelas V-B sebagai kelas kontrol berjumlah 22 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes. Teknik analisis data pada penelitian menggunakan uji validitas lembar observasi para ahli, syarat pengujian (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berpengaruh terhadap keterampilan menemukan ide pokok, karena pada hasil uji t (independent t-tes) diperoleh hasil yang signifikansi (sig.2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ha diterima H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap keterampilan menemukan ide pokok pada siswa kelas V SD Swasta Al-Ghofari Medan. Hasil analisis data diperoleh rata-rata (mean) setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di kelas eksperimen yaitu 76,52. Sedangkan siswa kelas kontrol rata-rata (mean) tanpa diberikan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yaitu 63,55. Sehingga siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) memiliki rata-rata yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tanpa menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). en_US
dc.subject Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) en_US
dc.subject keterampilan menemukan ide pokok. en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MENEMUKAN IDE POKOK PADA SISWA KELAS V SD SWASTA AL-GHOFARI MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account