Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru kurang menggunakan model
pembelajaran yang menarik sehingga siswa megalami kecenderungan untuk diam
dan tidak termotivasi. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh model
pembelajaran Cooperative Integrater Reading and Composition (CIRC) terhadap
keterampilan menemukan ide pokok pada siswa kelas V SD Swasta Al-Ghofari
Medan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini berjumlah 45 siswa dengan
mengambil 2 kelas yaitu kelas V-A sebagai kelas eksperimen berjumlah 23 siswa
dan kelas V-B sebagai kelas kontrol berjumlah 22 siswa. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Tes. Teknik analisis data pada penelitian menggunakan
uji validitas lembar observasi para ahli, syarat pengujian (uji normalitas dan uji
homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model
pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
berpengaruh terhadap keterampilan menemukan ide pokok, karena pada hasil uji t
(independent t-tes) diperoleh hasil yang signifikansi (sig.2-tailed) 0,000 < 0,05,
maka Ha diterima H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh model pembelajaran
Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap keterampilan
menemukan ide pokok pada siswa kelas V SD Swasta Al-Ghofari Medan. Hasil
analisis data diperoleh rata-rata (mean) setelah diberikan perlakuan menggunakan
model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di
kelas eksperimen yaitu 76,52. Sedangkan siswa kelas kontrol rata-rata (mean) tanpa
diberikan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition
(CIRC) yaitu 63,55. Sehingga siswa yang mendapatkan perlakuan dengan
menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and
Composition (CIRC) memiliki rata-rata yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan
tanpa menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and
Composition (CIRC).