Abstract:
Strategi komunikasi merupakan paduan perencanaan komunikasi dengan managemen
komunikasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Komunikasi pemasaran
berupa kegiatan pemasaran dengan menggunakan teknik-teknik komunikasi yang
menggunakan tujuan memberikan informasi perusahaan terhadap target
perusahaanya. Minat pengunjung yaitu kecenderungan bertingkah laku yang terarah
terhadap objek kegiatan atau pengalaman tertentu. Merujuk dari latar belakang
penelitian ini, identifikasi masalah yang diangkat adalah bagaimana strategi
komunikasi pemasaran jericho stable dalam menarik minat pengunjung. Metode
yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Kemudian, data
yang diperlukan dalam penelitian diperoleh melalui observasi dilapangan terutama
wawancara dengan pemilik, karyawan dan pengelola serta pengumpulan dokumen
berupa foto. Penelitian ini menggunakan teori AIDDA yang menjelaskan bahwa
salah satu model hirarki respon yang cukup populer bagi pemasar sebagai pedoman
dalam melaksanakan kegiatan pemasaran. Attention merupakan menimbulkan
perhatian konsumen berarti sebuah pesan harus dapat menimbulkan perhatian baik
dalam bentuk dan media yang disampaikan. Interest merupakan munculnya minat
beli konsumen terhadap objek yang dikenalkan oleh suatu pemasar. Desire
merupakan memunculkan keinginan konsumen untuk mencoba atau memiliki sebuah
produk .Decision merupakan memutuskan untuk memiliki barang yang ditawarkan
tadi setelah menimbang manfaat serta melihat kemungkinan dana yang tersedia.
Action merupakan tahapan yang paling terakhir dan paling penting, hal ini
dikarenakan pada tahapan ini seorang pemasar harus focus terhadap
konsumen.Teknik analisis data yang digunakan yaitu tahap reduksi, tahap orientasi
dan tahap seleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi
pemasaran jericho stable dalam menarik minat pengunjung. fokus pada tindakan
pembelian konsumen.