Research Repository

STRATEGI PELAYANAN PRIMA DALAM TRANSPARANSI PENGELOLAAN DATA TERPADU KESEJAHTERAAN SOSIAL (DTKS) DI KANTOR DINAS SOSIAL DELI SERDANG

Show simple item record

dc.contributor.author RATNA DEWI, UTAMI
dc.date.accessioned 2024-06-14T09:55:53Z
dc.date.available 2024-06-14T09:55:53Z
dc.date.issued 2024-06-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23808
dc.description.abstract Untuk mewujudkan transparansi pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di kantor Dinas Sosial Deli Serdang dilakukan beberapa strategi pelayanan prima. Strategi pelayanan prima itu menjadi hal penting untuk mewujudkan transparansi pengelolaan data. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pelayanan prima yang dilakukan oleh pegawai-pegawai di kantor Dinas Sosial Deli Serdang. Teori yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teori strategi pelayanan prima, transparansi pengelolaan DTKS. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan data yang diperoleh melalui instrumen penelitian dengan narasumber sebanyak 3 orang diantaranya 1 orang Kepala Bidang Pemberdayaan Fakir Miskin Dinas Sosial Deli Serdang, 1 orang Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, dan 1 orang masyarakat yang terlibat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pelayanan prima di kantor Dinas Sosial Deli Serdang telah berhasil melakukan pelayanan dalam pengelolaan Data TerpaduKesejahteraan (DTKS) secara transparansi dan akuntabilitas. Namun Dinas Sosial belum memaksimalkan potensi sumberdaya manusia dengan baik, terutama dalam hal minim nya sumberdaya manusia yang mengelola sebagian pedesaan kecil yangsulit dijangkau di Kabupaten Deli Serdang. Meskipun sudah menerapkan kepada setiap desa dengan menggunakan aplikasi SIKS-NG untuk mengukur peningkatan jumlah masyarakat yang bergabung di program DTKS, banyak sebagian pedesaan yang sulit menggunakan fasilitas tersebut. Oleh karena itu, Dinas Sosial Deli Serdang perlu melakukan evaluasi dan peningkatan untuk lebih memaksimalkan aplikasi tersebut dalam pengelolaan DTKS guna untuk mencapai kesejahteraan sosial. en_US
dc.subject Strategi Pelayanan Prima en_US
dc.subject Transparansi Pengelolaan DTKS en_US
dc.title STRATEGI PELAYANAN PRIMA DALAM TRANSPARANSI PENGELOLAAN DATA TERPADU KESEJAHTERAAN SOSIAL (DTKS) DI KANTOR DINAS SOSIAL DELI SERDANG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account