Abstract:
Kegiatan komunikasi penting untuk dilakukan perusahaan agar dapat
mempengaruhi tingkat penjualan serta kesadaran masyarakat akan produk yang
ditawarkan. Semakin baik kegiatan komunikasi dalam promosi yang dilakukan,
maka semakin meningkatnya minat beli konsumen akan produk tersebut. Dengan
strategi komunikasi yang dilakukan seperti melalui sales yang mempublikasi foto
produk pakan hewan peliharaan Me-o dimedia sosial membantu dalam
meningkatkan tingkat kesadaran serta minat beli akan produk dari PCG. Tujuan
penelitian ini adalah mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan
oleh Sales PT. PERFECT COMPANION MEDAN dalam memperkenalkan produk
pakan hewan peliharaan Me-o. Metode penelitian menggunakan kualitatif, Teknik
sampling yang digunakan ialah purposive sampling dengan studi kasus. Informan
adalah Sales Manager, Sales Area MT, Sales Area GT. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Dalam kegiatan penjualan produk menggunakan strategi push
and pull dalam memperkenalkan produk pakan hewan peliharaan. Untuk
membangun suatu image yang baik sales PGC melakukan suatu kegiatan melalui
komunikasi pemasaran seperti memberi pelayanan yang baik kepada customer,
menawarkan berbagai varian dari produk pgc. Teknik pengumpulan data yang
dilakukan dalam penelitian ini melalui wawancara mendalam dan dokumentasi,
sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang digunakan
pedagang dan pihak pengelola berlangsung secara efektif, yaitu dengan melakukan
pedekatan persuasive, melakukan pemenahan, memberikan kenyamanan dan
keamana kepada para pelanggan.