Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi dari pola komunikasi interpesonal guru BK sebagai
tiang penopang utama dalam menjalankan program bimbingan dan konseling terutama
dengan pemberian layanan informasi karir untuk meningkatkan pemahaman,
perencanan karir, eksplorasi karir, pengambilan keputusan karir siswa di Madrasah
Aliyah Negeri Binjai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola
komunikasi interpersonal guru bimbingan konseling dalam perencanaan karir siswa
Madrasah Aliyah Negeri Binjai. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui
wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Analisis data dalam kajian ini melalui
reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan
bahwa sebuah proses komunikasi antara guru bimbingan konseling dan murid dalam
layanan informasi karir di MAN Binjai. Dalam proses tersebut pola komunikasi yang
digunakan adalah pola komunikasi satu arah, dua arah dan banyak arah. Dalam
penggunaan sebuah kata atau isyarat dalam penyampain materi informasi karir di
sekolah, guru bimbingan konseling harus mampu menguasai strategi atau metode
bimbingan konseling yang optimal untuk memudahkan penyampaian informasi karir
yang efesien. Kesimpulan penelitian komunikasi interpersonal yang dilakukan guru
BK dalam memberikan layanan informasi karir kepada siswa khususnya kelas XII
MAN Binjai ini melalui komunikasi bimbingan kelompok dan individu atau biasa
disebut metode bimbingan klasikal. Meliputi pelayanan yang diberikan oleh guru BK
telah sesuai dengan rencana dan prosedur yang telah dibuat oleh guru BK sendiri
dengan melihat kondisi dan situasi di MAN Binjai.