Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai rata-rata penguasaan kosakata
siswa kelas IV di SDS Amir Hamzah Kota Medan, untuk mengetahui nilai rata rata kemampuan membaca siswa kelas IV SDS Amir Hamzah Kota Medan, dan
untuk mengetahui adakah pengaruh antara penguasaan kosakata terhadap
kemampuan membaca siswa kelas IV SDS Amir Hamzah Kota Medan. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis korelasi hubungan kausal.
Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDS Amir Hamzah Kota
Medan Tahun Ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 1 kelas. Teknik sampel yang
digunakan adalah teknik sampling jenuh. Sampling jenuh adalah teknik penentuan
sampel jika semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sampel dalam
penelitian ini berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rata rata penguasaan kosakata siswa kelas IV SDS Amir Hamzah Medan yaitu
bernilai 70 yang berarti dalam kategori baik; 2) Rata-rata kemampuan membaca
siswa kelas IV SDS Amir Hamzah Medan yaitu bernilai 78 yang berarti dalam
kategori baik; 3) Berdasarkan uji t diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka
hipotesis yang dirumuskan diterima artinya terdapat pengaruh penguasaan
kosakata terhadap kemampuan membaca siswa kelas IV di SDS Amir Hamzah
Medan.