Abstract:
Peran guru bimbingan konseling sangat diperlukan untuk meningkatkan
kedisiplinan siswa di sekolah. Guru bimbingan konseling harus berperan aktif
dalam meningkatkan kedisiplinan siswa, karena masih banyaknya siswa yang
kurang disiplin di sekolah SMK BM Bandung 1. Masih kurangnya motivasi siswa
untuk berdisiplin disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru
bimbingan konseling untuk meningkatkan kedisiplinan siswa SMK BM Bandung
Tahun Pembelaiaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah kualitatif deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah guru bimbingan
konseling SMK BM Bandung 1 dan siswa kelas XI SMK BM Bandung 1 Proses
pengambilan data dilakukan sejak bulan Januari sampai Februari 2017. Dengan
.
instrumen data observasi, wawancara. Adapun teknik analisis
datanya yaitu
dengan mereduksi data, menyajikan data, membuat kesimpulan. Berdasarkan hasil
penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan: peran guru bimbingan
konseling untuk meningkatkan kedisiplinan siswa SMK BM Bandung 1 guru
bimbingan konseling di sekolah ini sudah sangat berperan dalam mengatasi siswa
SMK BM yang kurang berdisiplin. Dengan cara melakukan layanan informasi,
layanan konseling individual dan memberi hukuman membaca ayat-ayat al-Qur'an
dan berpidato sebelum masuk ke dalam ruangan masing-masing.