Research Repository

Penggunaan Play Therapy Untuk Mengurangi Konflik Siswa Inklusi Kelas VIII-I SMP Bina Satria Medan Marelan

Show simple item record

dc.contributor.author Sari, Danty Linda
dc.date.accessioned 2020-03-10T09:58:29Z
dc.date.available 2020-03-10T09:58:29Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2374
dc.description.abstract Play Therapy adalah suatu kegiatan bermain yang dilakukan sambil bermain yang bertujuan agar , perkembangan psikologis, memberi pengalihan dari rasa bosan, nyeri dan ketidak nyamanan dan membantu mengembangkan keterampilan sensorik motorik pada anak yang dilaksanakan dinSMP Bina Satria Tahun Ajaran 2017-2018, yang beralamat dijalan Tanah 600 Medan Marelan kecamatan Medan Marelan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan layanan dengan pendekatan deskristif kualitatif dengan subjek dan objek peneliti adalah : siswa kelas VIII selama 2 minggu untuk mengurangimkonflik siswa. Dengan teknik pengumpulan data, Observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dilakukan : penggunaan play therapy untuk mengurangi konflik siswa dikelas VIII di Smp Bina Satria sangat membantu mengurangi konflik siswa , dengan dilakukannya layanan bimbingan kelompok dengan teknik play therapy yaitu belajar sambil bermaian siswa bermaian dengan nama permainan pantai pijit dan rangkaian nama menjadi melatih siswa untuk lebih rileks , tidak jenuh dan lebih aktif didalam layanan bimbingan kelompok. Permainan pantai pijit dilakukan saat layanan bimbingan kelompok berlangsung yaitu guru konselor menyuruh siswa untuk membuat sebuah lingkaran dan memegang bahu teman nya lalu memijat satu sama lain agar terciptanya suasanya rileks , Dan permaianan rangkaian nama dilaksanakan didalam layanan bimbingan kelompok yaitu guru konselor menyuruh siswa untuk mengibaratkan siswa itu bunga dan jika nama bunga itu sudah disebutkan maka tidak boleh disebutkan kembali, jika disebutkan kembali maka akan diberi sangsi hukuman yaitu hukuman dengan menirukan suara hewan. Dengan dilaksanakannya layanan bimbingan kelompok dengan teknik play therapy oleh peneliti siswa tampak berubah dan cara berfikirnya luas, layanan bimbingan kelompok ini sesuai dengan yang diharapkan oleh peneliti. Dan perubahan tersebut setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok melalui teknik play therapy dalam pencapaian sasaran dilakukan bersama antar konseli dan konselor . Demikian bimbingan dan konseling sangat berperan penting. en_US
dc.subject Play Therapy en_US
dc.subject Konflik en_US
dc.subject Layanan Bimbingan Kelompok en_US
dc.title Penggunaan Play Therapy Untuk Mengurangi Konflik Siswa Inklusi Kelas VIII-I SMP Bina Satria Medan Marelan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account