Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk : 1. mengetahui perencanaan pendidikan berba
sis Islam di SMA Al-Hidayah Medan, 2. mengetahui Pengorganisasian pendi
dikan Berbasis Islam di SMA Al-Hidayah Medan, 3. mengetahui pelaksanaan
pendidikan berbasis Islam di SMA Al-Hidayah Medan, 4. mengetahui karak
ter lulusan dengan pendidikan berbasis Islam di SMA Al-Hidayah Medan, 5.
manajemen pendidikan berbasis Islam efektif menghasilkan karakter lulusan
di SMA Al-Hidayah Medan Penelitian ini menggunakan metode deskriptif
kualitatif. Subjeknya adalah kepala sekolah, Guru SMA Al-Hidayah Medan.
Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data sekunder yang diper
lukan untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan pendidikan Berbasis
Islam di SMA Al-Hidayah Medan. Data di kumpulkan melalui wawancara,
observasi maupun doku mentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pendidikan berbasis Islam berhasil dilaksanakan dengan maksimal sesuai
arahan kepala sekolah dan juga dukungan dari guru-guru. Faktor dominan
yang mempengaruhi karakter lulusan SMA Al-Hidayah Medan yaitu pada
kegiatan keagamaan yang mampu membentuk karakter siswa menjadi karak
ter yang berakhlak mulia. SMA Al-Hidayah Medan kini merupakan sekolah
penggerak yang menjadi percontohan sekolah penggerak di lingkungan seki
tarnya. Keaktifan siswa dalam ke giatan ekstra kurikuler tahfizh, tahsin,
muhadharah (pidato dalam tiga bahasa) terlaksana dengan optimal. Terlak
sananya pendidikan berbasis Islam menjadi kan karakter lulusan SMA Al Hidayah Medan menjadi pribadi yang lebih baik, bertanggung jawab, dan
berakhlak mulia. Sekolah yang dulu dikenal dengan istilah ALTEK (Al-Hida
yah Teksas) kini berganti menjadi ALBAT (Al-Hidayah Hebat).