Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengaruh
Model Pembelajaran Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X
Akuntansi SMK Swasta Jambi Tahun Pembelajaran 2022/2023. Penelitian
dilaksanakan di SMK Swasta Jambi yang beralamat di jalan Pertiwi No 116
Medan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X
SMK Swasta Jambi yang berjumlah sebanyak 30 siswa, sedangkan sampel yang
digunakan dalam penelitian yaitu seluruh ssiswa kelas X Akuntansi yang
berjumlah 30 siswa sebagai sampel total (total sampling). Instrumen dalam
penelitian ini menggunakan angket dan tes yang berbentuk pilihan berganda.
Angket terdiri dari 15 pertanyaan sedangkan tes sebanyak 30 butir dimana akan
dibagi menjadi 2 bagian 15 untuk soal pre-test dan 15 untuk soal post-test.
Dari hasil analisis perhitungan data pre-test dapat diperoleh rata-ratanya
yaitu 68,33 sedangkan untuk data post-test rata-ratanya 84,63. Penelitian
menggunakan uji Liliefors dimana untuk mengetahui normalitas data dari hasil
belajar siswa dan uji F untuk mengetahui uji Homogenitas data. Pengujian
Hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus uji t dengan dk=N-1 pada
a=0,05. Berdasarkan hasil dari perhitungan uji hipotesis maka dapat diperoleh
thitung > ttabel dengan hasil 5,170 > 1,70113 Ho diterima HI ditolak.
Dengan demikian dari hasil diatas maka dapat disimpulkan bahwa “ Ada
Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Akuntansi
Kelas X SMK Swasta Jambi Tahun Pembelajaran 2022/2023”