Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah Bagaimana perencanaan
program membaca Al-Qur’an sebelum pelajaran dimulai di MTs Persiapan
Negeri 4 Medan, Bagaimana pelaksanaan program membaca Al-Qur’an
sebelum pelajaran dimulai di MTs Persiapan Negeri 4 Medan, Apa saja faktor
penghambat dalam pelaksanaan program membaca Al-Qur’an sebelum
pelajaran dimulai di MTs Persiapan Negeri 4 Medan. Tujuan penelitian ini
yaitu Untuk Mengetahui perencanaan program membaca Al-Qur’an sebelum
pelajaran dimulai di MTs Persiapan Negeri 4 Medan, Untuk Mengetahui
pelaksanaan program membaca Al-Qur’an sebelum pelajaran dimulai di MTs
Persiapan Negeri 4 Medan, Untuk Mengetahui faktor penghambat dalam
pelaksanaan program membaca Al-Qur’an sebelum pelajaran dimulai di MTs
Persiapan Negeri 4 Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.
Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi bahwa implementasi
program pembiasaan tadarus Al- Qur’an di MTs Persiapan Negeri 4 Medan saat
ini menghasilkan dampak positif bagi peserta didik diantaranya yaitu:
Menciptakan suasana lingkungan sekolah yang bernuansa islami dan lebih
mencintai Al- Qur’an, siswa siwi MTs Persiapan Negeri 4 Medan terlihat
semakin berdisiplin,setelah bertadarus Al- Qur’an hati menjadi tenang, mudah
dalam menghafal dan melantunkan ayat Al- Qur’an,kemampuan membaca Al Qur’an dan beribadah siswa siswi MTs Persiapan Negeri 4 Medan perlahan
mengalami peningkatan dengan diterapkannya program Habitual Curriculum.
Alokasi waktu pelaksanaan kegiatan tadarus Al- Qur’an di sekolah selama 20
menit kemudian 10 menit dilanjutkan dengan sholat Dhuha berjamaah di
lapangan sekolah. Faktor pendukung implementasi program pembiasaan Al Qur’an tersebut diantaranya yaitu: fasilitas kegiatan yang memadai, motivasi
dan perhatian dari dewan guru, kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an
berbeda-beda dan diterapkannya program habitual curriculum. Selain dari
adanya faktor pendukung yang terdapat pula faktor penghambat dalam
pelaksanaan kegiatan tadarus Al-Qur’an di MTs Persiapan Negeri 4 Medan
diantaranya yaitu: siswa masih kurang berdisiplin, kurang pengawasan lebih,
dan kurang menghargai waktu.