Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model
pembelajaran multiliterasi terhadap kemampuan membaca dikelas II MIN 1 Tebing
Tinggi . Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif , Sampel dalam penelitian
ini adalah peserta didik kelas II sebanyak 20 siswa.Teknik pengumpulan data
menggunakan lembar observasi . berdasarkan hasil penelitian: (1) Sebelum
menggunakan Model Pembelajaran Multiliterasi bahwa nilai rata – rata 53,25 dan
nilai tertinggi diperoleh dengan jumlah nilai 70 (2) Sesudah menggunakan Model
Pembelajaran Multiliterasi bahwa nilai rata – rata siswa meningkat yaitu 73,35 dan
nilai tertinggi yang diperoleh dengan jumlah nilai 94 (3) berdasarkan dari penelitian
tersebut diperoleh hipotesis dengan menggunakan uji t (Sample Paired TTest ) pada
taraf sig 0.05 diperoleh hasil (2.tailed) adalah 0,000≤ 0,05 maka dapat dikatakan ha
diterima dan h0 di tolak. Hasil analisis dapat diperoleh oleh data nilai test pretest
dan posttest dengan demikian terdapat pengaruh Model Multiliterasi Terhadap
Kemampuan Membaca Siswa di MIN 1 Tebing Tinggi