Abstract:
Layanan penguasaan konten merupakan suatu bimbingan dan
konseling yang mendorong individu untuk memahami dan mengembangkan
sikap dan kebiasaan belajar yang baik sehingga memiliki kemampuan dan
keterampilan dalam kehidupannya terutama dalam hal belajar. Adapun tujuan
dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal. Penelitian
ini merupakan penelitian tindakan layanan dengan menggunakan pendekatan
deskriptif kualitataif dengan subjek yaitu peneliti dan guru bk, dan objek
peneliti adalah siswa kelas VII sebanyak 6 siswa yang kurang mampu untuk
meningkatkan konsentrasi belajar. Proses pengambilan data dilakukan selama
tiga minggu yakni pada bulan Januari-Februari 2018, dengan teknik
pengumpulan data, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian
yang dilakukan: penerapan layanan penguasaan konten untuk meningkatkan
konsentrasi belajar yang dilakukan oleh peneliti berjalan dengan optimal dan
berhasil meningkatkan konsentrasi belajar siswa dilihat dari hasil observasi
dan wawancara. Dan hal ini terbukti pada perubahan siswa, yang tadinya
sering tidak konsentrasi saat belajar dan sekarang menjadi lebih meningkat
konsentrasi belajar nya, karena kurang nya konsentrasi belajar berdampak
buruk pada hasil nilai siswa. Perubahan siswa tersebut setelah mendapatkan
layanan penguasaan konten dalam upaya pencapaian sasaran yang dilakukan
bersama antara siswa dan guru bimbingan konseling mencapai 92,00%.
Dengan demikian bimbingan dan konseling sangat berperan penting.