Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada
mata pelajaran fiqih.dengan itu peneliti menggunakan media bergambar untuk
mengangkat minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. penelitian ini bertujuan
untuk mengatahui apakah ada pengaruh penggunaan media bergambar terhadap
minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Untuk mengetahui pelaksanaan
pembelajaran menggunakan media bergambar terhadap minat belajar siswa pada
mata pelajaran fiqih. Penelitian ini dilakukan di Mas Al-wasliyah 22 Tembung
yang beralamat di jln Besar Tembung No. 78. Hutan, Kec. Percut Sei Tuan, Kab.
Deli Serdang, Provinsi. Sumatera Utara. Adapun populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa/i kelas X Mas Al-Wasliyah 22 Tembung yang berjumlah 36
orang. Dengan sampel penelitian total sampling, ya’ni seluruh populasi menjadi
sample. Ada perbedaan nilai rata-rata antara kealas yang belum menggunakan
media bergambar (65,388) dan kelas yang sudah menggunakan media bergambar
(71,694), dapat dilihat bahwa ada nilai rata-rata lebih tinggi sesudah
menggunakan media bergambar dibanding sebelum menggunakan media
bergambar. Kemudian dari hasil uji Regresi Linier Sederhana terdapat nilai
signifikan 0,001 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara
variabel X terhadap variabel Y. dan dapat disimpulkan bahwa ada “Pengaruh
penggunaan Media Bergambar Terhadap Minat Belajar siswa Pada Mata Pelajaran
Fiqih Di Mas Al-wasliyah 22 Tembung